Kamis, 20 Oktober 2011

Terapi Ikan tidak Cocok untuk Penderita Penyakit Kulit


Terapi Ikan tidak Cocok untuk Penderita Penyakit Kulit thebestbeautybuys
PEDIKUR atau perawatan kaki dengan ikan Garra rufa kini menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Jasa yang bisa kita temui di beberapa pusat perbelanjaan ini mengharuskan kita menaruh kaki dalam sebuah tangki air yang di dalamnya terdapat ikan garra rufaa yang akan menggigit kulit mati. Namun, para ahli medis memperingatkan bahwa orang dengan sistem kekebalan yang lemah sebaiknya menghindari perawatan ini.

Health Protection Agency (HPA) di AS menyatakan bahwa pedikur ikan Garra rufa dapat meningkatkan risiko infeksi kaki. Ikan-ikan kecil yang menggigit kulit mati di kaki kita itu bisa menyebarkan infeksi dan penyakit. Orang dengan sistem kekebalan yang lemah, termasuk penderita diabetes dan psoriasis telah disarankan untuk tidak melakukan jenis perawatan alternatif ini.

Bahkan. di beberapa negara bagian AS, perawatan kaki ini telah dilarang. HPA pun menerbitkan peratiran baru mengenai perawatan kaki ini setelah ditemukannya mikroorganisme pada tangki air yang berisi ikan Garra rufa.

Seperti dikutip dari Yahoo Health, Selasa (18/10), tangki air berisi ikan itu telah terbukti mengandung sejumlah mikroorganisme dan berpotensi untuk menyebarkan berbagai infeksi. Namun risiko itu secara keseluruhan mungkin terbilang rendah bagi individu yang sehat.

Dr Hilary Kirkbride dari HPA mengatakan, "Direkomendaiskan, mereka yang ingin melakukan perawatan ini terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kaki menyeluruh untuk memastikan tidak ada kondisi kulit yang bisa menyebarkan infeksi." (Pri/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar